Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta

Syamsul Hadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari  kasus kekerasan yang marak terjadi di lingkungan remaja berupa perilaku menyimpang yang disebabkan karena rendahnya kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta. Subjek yang dilibatkan adalah 14 remaja panti asuhan, yang kemudian terbagi menjadi dua kelompok yakni 7 remaja masuk kelompok eksperimen dan 7 remaja masuk kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design  sehingga didapatkan hasil bahwa konseling kelompok rational emotive behavior therapy (REBT) dengan nilai tafakkur efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional remaja putra Panti Asuhan Darul Ihsan Muhammadiyah Prambanan, dimana nilai Z adalah -2,371 dengan taraf signifikansi yaitu p=0,018 yang berarti 0,01< p < 0,05. 


Keywords


Konseling Kelompok REBT, Tafakkur, dan Kecerdasan Emosional.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mudhofir. (2012), Mukjizat Tafakkur, Cara Sukses Merengkuh Kebahagiaan Dan Puncak Spiritualitas, Yogyakarta: Teras.

Anggreiny, N, dan Sulistyaningsih, W. (2017), Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Remaja Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Analitika, 5(2). 67-61.

Asih, Gusti Yuli & Pratiwi, Margaretha Maria Shinta (2010), Perilaku Prososial Ditijau Dari Empati dan Kematangan Emosi, Jurnal Psikologi Muria Kudus, Vol. 1, No.1.

Badri, Malik (2001), Fiqih Tafakkur Dari Perenungan Menuju Kesadaran Sebuah Pendekatan Psikologi Islam, Terj. Surya Darma, Jakarta: Intermedia.

Creswell, John W. (2014), Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed, Terj. Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ely Manizar HM, (2017) Mengelola Kecerdasan Emosi. Jurnal Tadrib. 2(2) 198-213.

Ellis, D.J. & Rovina, Montse, (2015) “Rational Emotive Behavior Therapy: The Evolution Of A Revolution”. Interview With Dr. Debbie Joffe Ellis, Work Partner And Wife Of Dr. Albert Ellis, The Creator REBT. Europe’s Journal Of Psychology, 11(1) 7-15.

Fauziah (2015), Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling Uin Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol.1, No.1.

Goleman, Daniel (2015), Emosional Intelligence, Cetakan Keduapuluh, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel (2015), Focus: Penggerak Keunggulan Yang Tersembunyi, Cetakan Kedua, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel (2015), Social Intelligence: Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar-Manusia, Cetakan Kedua, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haryati, Tutik Dwi (2013), Kematangan Emosi, Religiusitas dan Perilaku Prososial Perawat di Rumah Sakit, Persona Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.2, No.2.

Ismail, A. Ilyas (2009), Pilar-Pilar Taqwa Doktrin, Pemikiran, Hikmat, Dan Pencerahan Spiritual, Jakarta: Rajawali Press.

Komalasari, Gantina dkk (2014), Teori Dan Teknik Konseling, Jakarta: Indeks.

Latipun (2011), Psikologi Konseling, Edisi III, Malang: UMM Press.

Lubis, Namora Lumongga (2013), Memahami Dasar-Dasar Konseling (Dalam Teori Dan Praktik), Jakarta: Kencana.

Mahmud, Abdullah. Zikr dan Fikr (2016) Menuju Transformasi Diri. Jurnal Suhuf, vol 28, no 2, hlm. 220-235.

Mappiare, Andi (2006), Kamus Istilah Konseling Dan Terapi, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Nurdin (2009), Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa di Sekolah, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.IX No. 1.

Periantalo, Jelpa (2015), Validitas Alat Ukur Psikologi: Aplikasi Praktis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pidarta, Made (2014), Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, D.W. L., (2016). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Orang dengan Hipertensi Esensial. Jurnal Philanthropy Universitas Semarang. 1(1), 1-16

Rismawan, Eko Juhairi (2014), Tafakkur Dalamn Al-Qur’an, Skripsi Fakultas Ushuluddin Dan Pemikir Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Stevani, Hayu dkk, (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengatasi Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Konselor . 5(1) 1-23.

Sugiyono (2013), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitataif, Kauntitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI. No. 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional, pasal 1.

Yusuf, Syamsu dan Nurihasan, Juntika. (2012), Landasan Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29080%2Fjbki.v10i2.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam
Mailing Address
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri UIN Sunan Ampel Surabaya
Jalan Ahmad Yani No. 117, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60237
 
Telp. +62 31 8410298 ext.119, +62 31 8437987 Fax. +62 31 8413300
Email: jurnalbki@uinsby.ac.id
 
 
Public : (journal Bimbingan dan Konseling Islam) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.